Berkalkulasi For Google Adsense

Berkalkulasi For Google Adsense


Salam sejahtera buat para blogger, Pernah Dengar istilah “Google Adsense”? Sebuah PPC langsung dari google yang mana kita akan dibayar Dollar. Nah, Bagi kita sebagai pemula, mau menerjuni dunia Google Adsense, memang rada mikir-mikir dulu.


  • Seperti Berapa biaya yang harus saya keluarkan?

  • Berapa lama saya akan dapat hasil?

  • Berapa jumlah yang akan saya dapat perbulanya dan lain sebagainya.


Dengan e-book yang saya buat ini berjudul “Berkalkulasi Blogging For Google Adsense”, semoga bisa membuka sebuah gambaran atau inspirasi baru dibenak teman-teman semua yang ingin mencoba mencicipi Make money online from Google adsense. Dan lebih bersemangat lagi..



Sebelumnya Saya mohon maaf, bukan bermaksud saya ingin menggurui atau apa, saya hanya ingin berbagi sedikit cerita. Walaupun hasil saya belum seberapa di bidang google adsense ini, masih banyak Orang yang hasilnya lebih tinggi ketimbang saya. Karena saya sendiri semangat ketika membaca tulisan saya ini..



Kita mulai, Kita kasih acuan Target Membangun Blog Baru Selama 2-3 Bulan yah !! (minim banget ini loh) , bahkan ada yang lebih cepat. Memang tidak ada yang instan semua butuh proses dan kerja keras.



Awalnya, dalam memulai sebuah Bisnis Dari Google Adsense saya/kita terlebih dahulu harus mempunyai sebuah Blog betul?? Dalam membuat sebuah blog tentunya kita butuh modal untuk memulainya. walaupun ada blog gratisan seperti blogspot.com tapi jika anda ingin masuk ke Google Adsense alangkah baiknya langsung terjun ke domain dan Hosting berbayar.


  • Catatan: Megapa saya minta sarankan untuk terjun langsung dengan domain dan hosting berbayar? Karena memang memiliki kinerja yang berbeda antara Blog Gratisan dan Blog Berbayar. Yang namanya gratisan jelas ada batasannya.

  • Dalam penulisan artikel Blog yang akan kita Bangun dengan Menggunakan Bahasa Inggris !!!




Kemudian Sebelum kita Membeli Domain dan Hosting pikirkan terlebih dahulu Blog yang akan kita bangun untuk adsense itu mau membahas tentang apa sih?, Mobil, Motor, Interior Design, Software, Gadget, Kesehatan, Kapal Pesiar, Makanan, dan banyak macamnya.” , semua bagus kok.



Untuk membuat Blog, Pertama kita membutuhkan Dana Kurang Lebih senilai Rp200.000/tahun saja cukup, sudah dapat domain dan hosting, cukup murahkan? Berarti kita hanya perlu tabung Rp600,-. Perak/hari :D Biaya ini untuk permulaan saja.. Bisa kan? (beli rokok aja bisa :P )


  • Kalo sudah, beli domain dan hosting sesuai tema yang kita pilih, misalkan saja Membahas / Reviews tentang Kesehatan Berarti Isi Blog kita Semuanya harus berkaitan dengan Kesehatan. * Berarti di tarik kesimpulan 1 Blog 1 Pembahasan.

  • Catatan : Tentunya kita akan bertanya, kenapa sih kok 1 blog Cuma 1 Pembahasan, kenapa ga digabung aja jadi 1, khan lebih mudah untuk mengisi blog dan biaya pun lebih murah?. “Memang benar, 1 Blog yang membahas banyak tema lebih mudah dalam mengupdate artikel yang kita publikasikan dan juga biaya yang kita keluarkan lebih murah, Perlu kita ketahui, Google Adsense itu Akan menampilkan iklan sesuai dengan apa yang di tulis dalam postingan blog, nah, ketika blog kita membahas banyak macam tema maka iklan yang akan muncul dalam blog kita tidak efesien atau boleh dikatakan acak-acakan (bermacam-macam iklan juga yang muncul) , berbeda jika kita memiliki 1 blog 1 Pembahasan, Iklan Google yang muncul pun hanya 1 saja sesuai tema blog kita, kalo bahas tentang Kesehatan ya iklan berkaitan dengan Kesehatan lah yang akan muncul, jadi ketika pengunjung Datang kedalam blog kita, iklan yang muncul kemungkinan besar akan di klik karena tentunya iklan didalam blog kita akan sesuai dengan apa yang dicari oleh pengunjung sebagai contoh: lihat lah cbnet.com ”

  • Saya dulu membuka cbnet.com bolak balik meng-klik Google Adsense disana . Karena belum tahu kalo itu adalah Google Adsense. (cbnet membahas ttg software , iklan yang muncul pun seputar software .Setelah Menentukan Tema barulah bertindak untuk membeli domain dan hosting.




Oke sudah ya, Kita anggap Clear. Ya itu saran dari saya. Tpi Terserah kamu mau membuat blog yang dicampur atau dikhususkan 1 Blog 1 pembahasan :D .Kemudian, Setelah Menentukan Tema dan Membeli Domain & Hosting, kita bangun blog kita. Dalam bermain Google Adsense kita tidak perlu memikirkan SEO terlebih dahulu, pada intinya Kita hanya di Tuntut Untuk Posting Saja sebanyak – banyaknya.


  • Begini, kita Asumsikan hitungan minimal atau dapat dikatakan paling buruk yaitu 1 Posting bisa memberikan 1 Visitor tiap harinya. Bagaimana Kalo kita memiliki 200 Postingan atau lebih? Berarti kita akan memiliki Visitor sebanyak +200/day nya. Sekarang Bagaimana Jika 1 Posting dapat memberikan trafik lebih dari 1 Visitor atau 10-20 visitor berarti tinggal dikalikan saja. :D

  • Dalam 1 Hari kita usahakan Bisa Mempublish Artikel (Posting) sebanyak 5-10 Artikel

  • Berarti dalam Awal kita memulai Buat Blog ini, jika sehari kita dapat memposting 5 Artikel Saja , blog kita memiliki 150 Posting dalam sebulan.


Misalkan tidak terasa 2-3 Bulan kita sudah membangun blog , dengan memposting banyak artikel. Berarti dalam waktu 2 Bulan Jika kita melakukan posting 5 Postingan Perhari maka dalam 2 Bulan kita memiliki artikel 300 Postingan dalam sebulan..



Dan Berapa Visitor yang kita peroleh?? Sebelumnya kita sudah bahas itungan minimal atau paling buruk. 1 posting membuahkan 1 visitor berarti di bulan ke-3 total Posting kita ada 300 postingan, berarti perhari kita bisa memiliki 300visitor/day Bagaimana kalau kita postingan kita membuahkan hasil lebih dari 1 visitor? Kalkulasikan sendiri ya. ini Kalkulasi tentang Trafik dan Postingan.



Sekarang yuk kita kalkulasi Profit minimal yang bisa kita dapatkan… Temen-Temen, berdasarkan pengalaman yang saya, 100 visitor bisa membuahkan profit $1 , berarti dikalkulasikan aja kalo kita punya visitor 1000 , kita bisa dapat $9-$10 perday. Sedangkan untuk Blog Berbahasa Indonesia memiliki 1000 visitor = mendapatkan $1-$2



Berikut daftarnya, Jika 1 Posting membuahkan Hasil :


  • 1 Visitor = 300/day dalam 3 bulan kedepan

  • 2 Visitor = 600/day dalam waktu 3 bulan kedepan

  • 3 Visitor = 900/day dalam waktu 3 bulan kedepan


Berikut daftarnya, Jika 100 Visitor Membuahkan Hasil $1 :


  • 1 Visitor = 300/day = $3/day dalam 3 bulan kedepan

  • 2 Visitor = 600/day = $6/day dalam waktu 3 bulan kedepan

  • 3 Visitor = 900/day = $9/day dalam waktu 3 bulan kedepan




Seterusnya temen2 kalkulasikan sendiri…. Berapa lama kah bisa dicairkan :D Google Adsense akan membayar kita jika earning mencapai $100. Penjelasan di atas Hanya Asumsi Saja, seandainya ada Pengunjung yang mengklik IKLAN KITA.



Berarti dalam Waktu 3 Bulan kedepan, Jika Kita Posting Blog 1 Hari 5 Postingan maka dalam Waktu tersebut kita memiliki minimal 300 Postingan. Dan 1 Posting membuahkan hasil 1 Visitor tiap harinya maka dalam sehari kita akan memiliki 300 Visitor, kemudian jika dalam 100 visitor dapat membuahkan Profit $1 maka dalam sehari kita bisa memperoleh $3/day.



Tulisan Saya diatas Adalah Khusus Utk Blog Bahasa Inggris Loh…



Untuk memperbaharui Tulisan saya ini dan kita bagikan ketemen pemula yang mau menerjuni Google Adsense , maka dari itu jika ada pertanyaan dan evaluasi / tambahan masukan silahkan kirim email ke sandyprayogha@gmail.com .. Terima Kasih



Salam Hangat



Sandi Prayoga (www.sandyprayoga.com)


Author : Sandy Prayoga

Blog: http://sandyprayoga.com (Sebagai Brand Personal (Diary Note))

http://cookies.web.id (Kumpulan Artikel Campur Layaknya Gado Gado)

Tentang : Seorang Mahasiswa Dari Universitas Bandar Lampung, yang Semula hanya
bermain - main DUNIA Internet Blog, kemudian berubah Jadi Hoby, dan
kemudian menjadi Rutinitas Sehari-hari.

No comments:

Post a Comment