Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas
Cara mendapatkan backlink sebenarnya tidaklah sulit jika anda mengetahui caranya, karena anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu khusus untuk mendapatkan backlink. Backlink memang sangat di butuhkan oleh blog, terutama untuk manjadikan blog no 1 di google dan untuk mendapatkan / menaikan pagerank blog anda. Disamping itu backlink juga berguna untuk meningkatkan pengunjung blog dan memperkuat optimasi seo offpage.
Begitu pentingnya backlink, sehingga bisa diibaratkan backlink adalah sebagai pondasi rumah. Semakin kuat pondasi rumah, maka semakin kuat pula rumah akan berdiri kokoh. Begitu halnya dengan blog kita, semakin banyak backlink berkualitas yang kita tanam, maka posisi blog kita akan semakin kokoh di search engine.
Bagi para pemula, mungkin backlink tidaklah begitu penting buat blognya, bahkan kebanyakan dari mereka tidak tau apa itu backlink. Padahal jika tau manfaat dari backlink itu sendiri, pastilah mereka akan berbondong - bondong mencari backlink. Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink? caranya akan saya bahas di artikel ini. Tapi sebelum kita ke bahasan utama, sebaiknya anda tau "apa saja jenis - jenis backlink".

Jenis - jenis backlink

  1. Backlink dofollow : halaman yang akan memberikan poinnya kehalaman yang di rujuknya
  2. Backlink nofollow : kebalikan dari backlink dofollow
  3. Backlink dari blogwalking : yaitu backlink yang di dapatkan dari blog yang kita kunjungi dengan memberikan komentar menggunakan profile url
  4. Backlink dari blog pagerank tinggi 
  5. Backlink dari sosial bookmark / web directory : Backlink ini sangat di sukai google, karena bersifat satu arah. Apalagi jika sosial bookmarknya dofollow dan berpagerank tinggi, maka bisa dikatakan backlink berkualitas.
  6. Reciprocal link ( backlink dua arah) : Backlink yang di dapatkan dari bertukar link
  7. Instan backlink : Backlink yang di dapatkan secara instan dengan menggunakan software tertentu.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas


Berkomentar di Blog Dofollow


Berkomentar di blog dofollow merupakan cara mendapatkan backlink gratis berkualitas, apa lagi jika blog dofollow itu berpagerank, maka semakin berkualitas backlink yang kita dapatkan. Cara ini memang sangat praktis untuk mendapatkan backlink, sehingga banyak yang orang  menggunakan metode ini. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencari daftar blog dofollow lalu mengunjunginya satu - persatu dan memberikan komentar di blog tersebut. Berilah komentar yang relevan / sesuai dengan isi artikel agar komentar segera di moderasi oleh pemilik blog dan jangan lupa pada saat berkomentar, gunakan profile URL ( alamat blog /  link artikel anda ).
kelemahan metode ini : 
  • Pemilik blog biasanya akan menghapus komentar basa - basi atau tidak sesuai dengan isi artikel dan beberapa blog dofollow sudah mengganti blognya menjadi nofollow

Sumbit Blog / Artikel anda di Sosial Bookmark

Yang harus anda lakukan adalah mencari daftar sosial bookmark dofollow yang berpagerank tinggi. Daftarkan blog anda ke sosial bookmark tersebut dan sumbit artikel blog anda ( sebaiknya sumbit setiap kali update ). Sosial bookmark sangat membantu dalam mendongkrak posisi artikel anda di google. Selain itu, kita bisa mendapatkan traffic tambahan dari artikel yang kita sumbit ke sosial bookmark.
kelemahan metode ini : 
  • Beberapa sosial bookmark biasanya membatasi jumlah sumbit perhari

Backlink dari Blog berpagerank tinggi


Backlink dari blog berpagerank tinggi merupakan backlink yang berkualitas, apa lagi jika blog tersebut dofollow, maka kualitas backlink yang di dapatkan akan semakin tinggi. Yang perlu anda lakukan adalah mencari daftar blog dofollow berpagerank, lalu kunjungi blog - blog tersebut dan beri komentar yang relevan agar cepat di moderasi.
kelemahan metode ini :
  • Kebanyakan blog berpagerank sangat selektif dalam memoderasi komentar dan biasanya blog berpagerank itu nofollow

Backlink dari blog Dummy

Blog dummy adalah blog bayangan yang di buat untuk menjadi sumber backlink blog utama. Yang harus anda lakukan adalah membuat beberapa blog berplatform mana saja. Lalu isi artikel di setiap blog minimal 10 artikel dan pastikan blog dummy sudah terindex di search engine. Lalu pasang link di blog - blog dummy tersebut dan suntikan backlink ke blog dummy, ini agar backlink yang kita dapatkan semakin berkualitas.
kelemahan metode ini :
  • Pastilah sangat repot mengurus beberapa blog dummy yang harus diisi artikel, belum lagi mencari backlink untuk blog dummy tersebut

Backlink dari forum 

Kebayakan forum memasang link outbound dofollow, sehingga ini bisa kita manfaatkan sebagai sumber backlink alternatif buat blog. Dan kelebihan backlink dari forum adalah backlink ini berasal dari domain yang memiliki reputasi tinggi. Yang perlu anda lakukan adalah mendaftarkan diri ke forum diskusi online dan jawab setiap thread dari setiap anggota sambil menyisipkan link menuju blog anda.
kelemahan metode ini :
  • Beberapa forum memberikan syarat posting minimal sebelum meninggalkan link dan kita harus mempunyai wawasan luas untuk menjawab pertanyaan dari angota forum

Backlink dari blog EDU  dan GOV

Backlink dari blog edu dan gov sangatlah disukai oleh google , untuk itu para master banyak mencari backlink jenis ini. Yang perlu anda lakukan adalah mencari daftar blog edu dan gov lalu beri komentar sebagimana biasanya.
kelemahan metode ini : 
  • Cukup merepotkan jika harus mengunjungi satu persatu blog edu dan gov
Demikianlah artikel kali ini tentang cara mendapatkan backlink, semoga bermanfaat dan jangan lupa beri komentar yang relevan degan isi artikel serta kunjungi terus panduan seo

No comments:

Post a Comment