Bocornya Rahasia Militer Rusia, Membuat Militer Dunia Ketakutan


INDOSEJATI.com - 'Kebocoran' dari rencana ambisius Moskow untuk mengembangkan sebuah kendaraan bawah air otonom yang dipersenjatai dengan hulu ledak nuklir telah mengejutkan komunitas strategis seperti tampak seperti kedatangan Intercontinental Rudal Balistik (ICBM) di akhir 1950-an.

Rencana untuk proyek yang `bocor 'di laporan televisi Rusia pada pertemuan Presiden Vladimir Putin dengan para pejabat militer awal pekan ini. Sebuah siaran TV dari `Status 6 'yang berisi rincian Rudal dari jarak jauh' sistem serbaguna 'yang bisa menyerang pada target 10.000 km.

Berbeda dengan ICBM yang membentuk sebagian besar kekuatan serangan nuklir Rusia dan bahkan Cina seperti yang sekarang, Status 6 dirancang untuk - menurut dokumen bocor - melakukan perjalanan dan tidak terdeteksi pada kedalaman dekat dengan 1000 meter, dengan kecepatan tiga kali lebih cepat daripada kapal selam di dunia.

Dokumen mengidentifikasi perancang sistem baru ini yaitu oleh Rubin Desain, biro Rusia yang berbasis di St Petersburg yang saat ini bertugas untuk sistem bawah laut konvensional serta kapal selam strategis. Tujuan dari sistem baru, menurut dokumen Rusia, adalah pemusnahan fasilitas ekonomi musuh di wilayah pesisir dan 'kerusakan yang tidak dapat diterima' ke negara tersebut.

Ada banyak spekulasi di media Barat namun , apakah rencana untuk proyek Status 6 sengaja dibocorkan oleh Rusia untuk memperingatkan musuh atau adalah kesalahan yang tidak disengaja. Teguran publik Moskow segera muncul pada televisi Rusia untuk penyiaran `informasi rahasia 'telah menimbulkan kecurigaan bahwa kebocoran 'disengaja'.

Namun, terlepas dari cara bagaimana informasi itu keluar, Status 6 bisa menjadi tingkat berikutnya pencegahan strategis untuk Rusia yang akhir-akhir ini memulai rencana ambisius untuk menghidupkan kembali kejayaan angkatan bersenjatanya.

Sebuah bom nuklir jelajah jarak jauh di kedalaman laut  akan menjadi skenario menakutkan bagi setiap bangsa untuk menghadapinya. Sementara di masa lalu sebagian besar negara memiliki inovasi pada sistem pertahanan rudal dan perangkat peringatan dini untuk rudal dan pesawat, jauh lebih sulit untuk mendeteksi, melacak dan menetralisir target bawah air.


Sumber: Antara

No comments:

Post a Comment